Langsung ke konten utama

(Atas Nama) Pendidikan Mental



(Atas Nama) Pendidikan Mental
Oleh: Rizka Amalia Shofa

            Menjelang tahun 2015 yang bersamaan dengan belum lama berakhirnya masa OSPEK, ternyata masa yang sering digadang-gadang sebagai masa orientasi belum berhasil membawa nilai orientasi seutuhnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, orientasi diartikan sebagai peninjauan untuk menentukan sikap. Kesadaran tentang makna orientasi sesungguhnya sudah mulai tumbuh di banyak kampus. Tak sedikit kampus yang membuat aturan-aturan baru dalam pelaksanaan OSPEK. Kegiatan fisik yang pada tahun-tahun sebelumnya memicu kekerasan dan senioritas mulai diminimalisir.
            Namun ternyata kebijakan yang diambil banyak kampus belum membawa dampak besar pada model OSPEK. Senioritas yang sudah menjadi budaya dan mengakar adalah masalah yang masih harus dipikirkan dan ditindak secara tegas. Tugas kampus tak berhenti pada pembuatan kebijakan baru tentang OSPEK, tetapi juga mengadakan dialog dengan para senior –yang justru sering diambil alih alumni yang merasa masih memiliki ikatan-.
            Kegiatan fisik yang sering mengatasnamakan pendidikan mental nyatanya tak berhenti pada push up dan lari, tetapi mulai keluar dari nilai memanusiakan manusia yang justru identik dengan pendidikan. Masih banyaknya tindak kekerasan dan perintah-perintah senior yang tak manusiawi menandakan bergesernya pemahaman tentang nilai pendidikan dan juga lemahnya pengawasan dari kampus.
            Saya teringat obrolan dengan seorang teman tentang kekerasan berkedok pendidikan mental. Saat senior memerintahkan seorang mahasiswa baru untuk melakukan aktivitas yang dianggap tak pantas, lalu si mahasiswa baru tak terima, justru ia akan dianggap tak memiliki mental baja. Ia dianggap gagal dalam pendidikan mental dan memiliki mental lemah. Padahal sesungguhnya, justru jika mahasiswa baru (yang berperan sebagai junior) melakukan segala perintah senior tanpa perlindungan diri (dapat berupa penolakan karena menganggap perintah senior tak manusiawi), ia adalah bagian dari gagalnya pendidikan mental. Ia yang sesungguhnya bermental lemah karena tak berani bertindak tuk melindungi dirinya sendiri.
            Jika senior masih menganggap junior yang menolak perlakuan kasar adalah bagian dari gagalnya pendidikan mental, maka sesungguhnya sang senior lupa akan nilai pendidikan, memanusiakan manusia. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan tentang tujuan diadakannya kegiatan fisik berujung kekerasan. Masa orientasi yang harusnya dapat melahirkan generasi yang siap berjuang dan menjadi orang berpendidikan, justru terancam. Para mahasiswa baru sudah dicekoki dengan pemahaman pendidikan yang jomplang bahkan menyimpang.
            Rusaknya pemahaman sesungguhnya berakar dari para senior yang lupa akan esensi pendidikan dan orientasi. Bukan hal asing jika kita mengetahui sesungguhnya segala kegiatan fisik pada masa orientasi hanya sekadar budaya yang tak jelas dasarnya. Kekerasan dan tindakan tak umum tersebut hanyalah budaya bodhong yang terus dilakukan karena tak rela dihentikan. Alasan yang sering dipakai tak pernah jauh dari penguatan dan pengujian mental. Mereka ingin memiliki junior yang ‘tahan banting’. Sayangnya para senior lupa bahwa mereka juga membutuhkan junior yang paham makna pendidikan orientasi secara utuh dan tak menafsirkan hanya untuk membenarkan hal yang sudah biasa terjadi.
            Pemahaman tentang pendidikan mental harus diubah. Sekalipun bertujuan penguatan mental, cara yang dipakai harus bernilai memanusiakan manusia. Kita tak boleh menyebutnya sebagai pendidikan jika nilai tersebut membias dan luntur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

We Have "Luar Binasa" Behind The "Luar Biasa"

K ita mungkin tidak asing dengan istilah ‘luar biasa’. Luar biasa adalah ungkapan ketika kita takjub melihat sesuatu, baik ciptaan Allah, maupun ciptaan manusia. Kata ‘luar biasa’ sering diplesetkan dengan ‘luar binasa’. Nah, mari kita belajar dari ‘luar binasa’. Tanpa kita sadari, istilah ‘luar binasa’ bisa kita jadikan sebagai suatu hal yang dapat membuat kita lebih semangat dalam menjalani segala macam tantangan hidup. Mengapa demikian? Kata binasa sendiri mempunyai arti hilang, mati atau gugur. Mungkin memang tidak ada kedekatan arti antara ‘biasa’ dan ‘binasa’ meskipun mereka mempunyai struktur kata yang mirip jika diucapkan. Orang mengucapkan kata ‘luar biasa’ saat takjub mungkin karena hal yang menakjubkan tersebut memang keluar dari hal yang biasa dilihat. Misalkan ketika melihat seorang perempuan yang cantik, para pria tidak jarang berkata, “cantiknya luar biasa”. Kita tentu masih begitu ingat dengan kehebatan para pelajar SMK yang berhasil membuat sebua...

I'm Back!

Shock berat pas ngecek tanggal tulisan terakhir di blog. 19 Juli 2018. Udah hampir 2 tahun. Gimana saya bisa selama ini ninggalin blog? Salah satunya ya karena..., lupa bayar domain dan nggak tahu cara balikinnya. LOL~ Baiklah, ini konyol tapi ya sudah. Begitulah kenyataannya. 😴 Apa kabar kalian? Semoga baik, ya. Tetep betah di rumah karena sekarang masih bahaya corona. Ya ya, pasti kalian bosen denger nama penyakit itu. But , kita memang harus lawan. Lantas, bagaimana kabar saya? Hmmm, saya baik dan sudah setahun lebih menikah. Hehehe~ Yup, 10 Februari 2019 saya menikah dengan lelaki yang saya cintai, Ahmad Zaini Aziz. Apakah pernikahan selalu menyenangkan seperti yang saya bayangkan? Sejujurnya, saya sih nggak pernah membayangkan bahwa menikah itu akan selalu menyenangkan. Saya sangat paham bahwa menikah itu soal ibadah dan belajar yang akan bikin kita bahagia. Bukan sekadar senang. Bahagia itu, ya, ternyata bukan hanya soal kumpulan hal menyenangkan. Ketika...

Ternyata Hidup Itu Bukan Puzzle, Tapi Hidup Butuh Banyak Puzzle

Selama ini saya mengira bahwa hidup itu ibarat sebuah puzzle yang harus dirangkai bagian-bagiannya. Pemahaman itu jadi berubah ketika hari ini saya mendengarkan materi tentang transformasi diri. Ternyata, ada banyak puzzle yang harus dirangkai selama hidup berjalan. Bisa jadi kita punya enam puzzle , dan semuanya harua dirangkai perlahan tanpa ada yang bolong. Sepanjang mendengarkan materi, sejujurnya saya sambil merefleksi diri. Bertanya lagi, sebetulnya lingkaran suksea yang mau diraih itu apa, sih? Kenapa itu penting bagi saya? Apa dampak yang ingin saya bagikan pada orang lain dan terasa juga untuk diri saya? Pertanyaan-pertanyaan itu jadi membawa saya untuk menyusun dan mengukur lagi deep structure dan surface structure . Ini bukan soal seberapa saya mau menggapainya, tapi justru menentukan sejauh apa saya mau berupaya mengumpulkan satu persatu bagian yang harus dijalani sampai menemukan hasil. Jika bagian-bagian dari surface dan deep structure masih belum terlengkapi, menurut ...